Home » , » 10 Cara Diet Mudah dan Sehat

10 Cara Diet Mudah dan Sehat

Written By Gilalogie on 9 September 2014 | 06.25

Artikel diet.net - anda tentu sudah mengetahui bahwa kunci utama untuk tips diet sehat adalah dengan mengatur pola makan dan mengimbanginya dengan berolahraga. Sepertinya kedua hal tersebut tampak sederhana, namun ternyata ketika anda melakukannya tidaklah semudah itu. Di samping itu, ada beberapa langkah yang seharusnya anda lakukan agar program diet bisa berjalan dengan lancar. 

10 Cara Diet Mudah dan Sehat


Berikut ini adalah tips diet sehat yang dikumpulkan dari beragam sumber terpercaya yang bisa anda coba terapkan sebagai cara diet mudah dansehat:

Cara diet mudah, sehat, dan alami


Kenali tubuh anda

Cobalah untuk tidak membandingkan diri anda dengan orang lain. Coba kenali cara kerja dari tubuh anda. Dengan mengenali cara kerja tubuh sendiri maka anda akan lebih mudah dalam memenuhi apa yang anda butuhkan. Misalnya, kenali makanan apa saja yang membuat tubuh anda cepat gemuk. Dengan mengetahuinya, anda bisa menghindari makanan-makanan tersebut agar berat badan dapat menurun.


Makan teratur dengan porsi secukupnya

Seperti yang diajarkan di dalam agama islam, "Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang" itu sangat baik agar anda tidak makan berlebih dan sesuai dengan kebutuhan. Bila anda menerapkannya dengan baik, dijamin anda tidak akan mengalami kenaikan berat badan.


Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika dan diterbitkan pada Journal of the American Dietetic Association dikatakan bahwa orang yang memiliki tubuh langsing rata-rata memenuhi asupan buah dan sayur lebih dari satu sajian dan mengonsumsi lebih banyak serat dibandingkan mereka yang berbadan gemuk.


Perbanyak minum air putih

Air putih sangat banyak manfaatnya untuk tubuh, oleh karenanya selalu penuhi asupan cairan harian anda dengan mengonsumsi setidaknya 2 liter air perhari atau 8 gelas.


Berolahraga

Tidak bias dipungkiri lagi bahwa olahraga adalah aktivitas yang anda butuhkan dalam rangka menurunkan berat badan. Lakukan olahraga simpel seperti aerobik sambil emndengarkan lagu. Itu bisa jadi kegiatan yang amat menyenangkan. Untuk memotivasi anda cobalah untuk berolahraga bersama keluarga atau orang terkasih, yang terpenting adalah knsistensi. Lakukan olahraga minimal 3 kali dalam seminggu.

Hindari gula

Menjauhkan diri untuk tidak mengonsumsi gula selama 2 minggu akan membantu anda dalam menahan nafsu makan yang biasanya menggebu-gebu dan tak tertahankan.


Rajin gosok gigi

Kebiasaan menggosok gigi setelah makan malam akan membantu anda menahan agar tidak mengonsumsi camilan atau makanan lain di malam hari yang bisa memicu naiknya berat badan.


Makanan bukan pelampiasan

Perasaan hati seringkali berdampak pada kebiasaan makan seseorang. Keadaan yang terlalu gembira atau depresi bisa menjadi alasan seseorang untuk makan berlebih. Oleh karenanya, selalu kontrol emosi anda. Bila merasa stress atau depresi cobalah untuk melakukan refreshing dengan cara piknik, mencari hiburan, atau melakukan hobi. Jangan melampiaskan perasaan anda dengan makan banyak. Itu tidak baik untuk kesehatan tubuh anda.


Cobalah untuk menerapkan beberapa tips dan cara diet mudah dan sehat yang telah saya paparkan di atas, bila tidak berhasil juga maka anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi agar mereka bisa menyarankan program diet yang tepat untuk anda.
Share artikel ini :
 

Copyright © 2012. Artikel Diet dan Tips Kesehatan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger